XADO Lover pernah dengar istilah Fuel Dilution? Kalau belum, fuel dilution adalah ketika bahan bakar lolos masuk ke dalam crankcase dan bercampur dengan oli mesin kendaraan. Keadaan ini sebenarnya cukup umum terjadi pada kendaraan, bahkan mungkin pada kendaraanmu. Coba buka dipstick oli kendaraan dan teteskan ke atas kertas tisu, perhatikan warna dan baunya. Jika oli berubah warna dan berbau BBM, maka bisa dipastikan mesin kendaraanmu mengalami fuel dilution.
Apa sih akibat bila kita membiarkan kondisi ini? Dengan masuknya bahan bakar kedalam oli mesin menyebabkan oli menjadi lebih encer dan kehilangan kemampuan pelumasan juga kemampuan detergensi. Akibatnya part-part mesin tidak terlumasi dengan baik, kotoran dalam mesin bertumpuk, terjadi korosi akibat proses oksidasi di dalam mesin,performa mesin menjadi turun dan usia mesin menjadi pendek.
Ada banyak penyebab fuel dilution, beberapa diantaranya adalah:
1. Penggunaan BBM dengan oktan kurang atau lebih dari yang dianjurkan oleh pabrikan. Kondisi ini akan menghasilkan pembakaran yang tidak sempurna dan sisa-sisa pembakaran akan masuk ke dalam crankcase dan bercampur dengan oli.
2. Terlalu lama memanaskan kendaraan. Kondisi memanaskan kendaraan hampir sama seperti berkendara saat macet, komponen mesin tetap bekerja tanpa ada hembusan angin yang bisa mendinginkan komponen, akibatnya panas yang dihasilkan mesin menjadi berlebih.
3. Ring Piston lemah. Ring piston yang lemah dan atau dinding silinder yang baret / aus akan memberikan celah untuk bahan bakar menuju crankcase dan bercampur dengan oli.
Cegah kerusakan permanen mesin kendaraanmu dengan selalu menggunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan anjuran pabrik, panaskan kendaraan secukupnya, dan berikan lapisan perlindungan dinding silinder mesin kendaraanmu dengan XADO Revitalizant. Kualitas kompresi kendaraan paling optimal, performa kendaraan makin maksimal!